Detail Cantuman
Advanced Search
SKRIPSI
PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOCIAL DAN WORD OF MOUTH MARKETING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PENGGUNA PESAWAT TERBANG DI BANDARA SMB II PALEMBANG.--
Internaet saat ini sudah menjadi kebutuhan penting dalam bisnis, sehingga pengunanya juga semakin bervariasi. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menyatakan bahwa jumlah pengguna internet Indonesia tahun 2019 adalah 73,7% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 266.91 juta jiwa penduduk di Indonesia. Layanan yang paling sering diakses setelah chatting adalah social media, penggunaan social media diyakini efektif untuk mengenalkan keberadaan suatu produk kepada konsumen secara luas dan keberhasilan perusahaan dapat dicapai apabila word of mouth marketing yang berjalan baik serta ditunjang dengan kualitas produk yang dipasarkan dapat dirasakan sepenuhnya oleh konsumen. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis memfokuskan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana pengaruh promosi melalui social media terhadap keputusan konsumen pengguna pesawat terbang dibandara SMB II Palembang? (2) Bagaimana pengaruh word of mouth marketing terhadap keputusan konsumen pengguna pesawar terbang dibandara SMB II Palembang? (3) Bagaimana Pengaruh Promosi Melalui sosial media dan Word Of Mouth dalam prespektif ekonomi Syariah terhadap keputusan konsumen pengguna pesawat terbang dibandara SMB II Palembang? Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menjelaskan pengaruh promosi melalui social media dan word of mouth marketing dalam prespektif ekonomi Syariah terhadap keputusan konsumen pengguna pesawat terbang dibandar SMB II Palembang baik secara parsial ataupun simultan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian lapangan, populasi sebanyak 5223 konsumen dan diambil sampel sebanyak 98 konsumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi (R 2 ). Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi melalui media sosial terhadap keputusan konsumen pengguna pesawat terbang memiliki pengaruh positif signifikan sebesar 26%. hasil penelitian word of mouth marketing terhadap keputusan konsumen pengguna pesawat terbang memiliki pengaruh positif signifikan sebesar 50,8%. Dan nilai signifian sebesar 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa promosi melalui media sosial dan word of mouth marketing secara bersama–sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna pesawat terbang. Sedangkan nilai koefisien determinansi (R2 ) dengan niali adjused R square sebesar 33,9% sedangkan sisanya 66,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian ini. Hal ini menunjukan bahwa promosi melalui media sosial dan word of mouth secara parsial dan simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan keputusan konsumen pengguna pesawat terbang bandara SMB II Palembang. Kata Kunci: Promosi,Media Sosial,Word Of Mouth, Keputusan Konsumen
Ketersediaan
00012622 | 658.82 MUH p | PERPUSTAKAAN JAKABARING (referensi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
658.82 MUH p
|
Penerbit | : ., 2022 |
Deskripsi Fisik |
XVIII,109 HLM:25 CM
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
658.82
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
MUHAMMAD NAUFAL RIFQI
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain