No image available for this title

SKRIPSI

KORELASI ANTARA KEPEMIMPINAN GURU KELAS SEBAGAI PEMBINA EKSTRAKURIKULER DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD ISLAM CENDIKIA FAIHA PALEMBANG



Penelitian ini berjudul Korelasi Antara Kepemimpinan Guru Kelas Sebagai Pembina Ekstrakurikuler dengan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang, untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang, untuk mengetahui bagaimana korelasi antara kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler dengan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi parsial, yakni penelitian yang menganalisis arah dan kuatnya hubungan antara dua variabel independen secara bersama-sama atau lebih dengan satu variabel dependen. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif.. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler di SD Islam Cendikia Faiha Palembang yang berjumlah 15 orang. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: Pertama, hubungan kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler terhadap hasil belajar di SD Islam Cendikia Faiha Palembang menunjukkan terdapat hubungan positif yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) kuat sebesar 0,57. Kedua, hubungan profesionalisme guru terhadap hasil belajar di SD Islam Cendikia Faiha Palembang menunjukkan terdapat hubungan positif yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) kuat sebesar 0,53. Ketiga, hasil analisis product moment mengenai hubungan antara kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler dengan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang menunjukkan terdapat hubungan positif pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,89 dibuktikan dengan Fhitung (7,78) lebih besar dari Ftabel (3,89) seperti: 7,78 > 3,89, maka tolak Ho dan terima Ha (signifikan), dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) kuat sebesar 0,65.


Ketersediaan

SK00511371.1 NUR kPERPUSTAKAAN JAKABARING (Referensi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.1 NUR k
Penerbit FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
NIM 1920201076
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya