Detail Cantuman
Advanced Search
SKRIPSI
KORELASI ANTARA KEPEMIMPINAN GURU KELAS SEBAGAI PEMBINA EKSTRAKURIKULER DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD ISLAM CENDIKIA FAIHA PALEMBANG
Penelitian ini berjudul Korelasi Antara Kepemimpinan Guru Kelas Sebagai Pembina Ekstrakurikuler dengan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang, untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang, untuk mengetahui bagaimana korelasi antara kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler dengan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi parsial, yakni penelitian yang menganalisis arah dan kuatnya hubungan antara dua variabel independen secara bersama-sama atau lebih dengan satu variabel dependen. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif.. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler di SD Islam Cendikia Faiha Palembang yang berjumlah 15 orang. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: Pertama, hubungan kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler terhadap hasil belajar di SD Islam Cendikia Faiha Palembang menunjukkan terdapat hubungan positif yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) kuat sebesar 0,57. Kedua, hubungan profesionalisme guru terhadap hasil belajar di SD Islam Cendikia Faiha Palembang menunjukkan terdapat hubungan positif yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) kuat sebesar 0,53. Ketiga, hasil analisis product moment mengenai hubungan antara kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler dengan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang menunjukkan terdapat hubungan positif pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,89 dibuktikan dengan Fhitung (7,78) lebih besar dari Ftabel (3,89) seperti: 7,78 > 3,89, maka tolak Ho dan terima Ha (signifikan), dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) kuat sebesar 0,65.
Ketersediaan
SK00511 | 371.1 NUR k | PERPUSTAKAAN JAKABARING (Referensi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
371.1 NUR k
|
Penerbit | FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH : ., 2022 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
371.1
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
NIM 1920201076
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain