Detail Cantuman
Advanced Search
SKRIPSI
IMPLEMENTASI PROGRAM 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DALAM MENANANMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS V DI SDN 9 SEMBAWA BANYUASIN
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait implementasi program 5S dalam menanamkan sikap sopan santun siswa kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin. Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui implementasi program 5S dalam menanamkan sikap sopan santun siswa kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin, (2) untuk mengetahui sikap sopan santun siswa kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin, dan (3) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi program 5S dalam menanamkan sikap sopan santun siswa kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunkan metode deskriptif kualitatif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulaan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama implementasi program 5S dalam menanamkan sikap sopan santun siswa di SDN 9 Sembawa Banyuasin sudah diterapkan dengan baik melalui tiga kegiatan, yaitu kegiatan rutin harian, meliputi siswa berbaris didepan kelas setiap pagi sebelum memasuki kelas, siswa bersalaman dengan guru, siswa bersalaman dengan guru setiap pulang sekolah. Kegiatan rutin mingguan, meliputi kegiatan pembiasaan membaca yasin bersama setiap hari jum’at, dan kegitan pembelajaran, meliputi kegiatan sosialiasi yang dilakukan oleh guru kepada siswa. Kedua sikap sopan santun siswa kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin masih sangat rendah, terutama sopan santun terhadap gurunya, masih banyak siswa yang berbicara dengan nada tinggi kepada gurunya. Ketiga faktor yang mempengaruhi implementasi program 5S ada faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung, meliputi guru sebagai teladan, lingkungan sekolah, dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat, meliputi siswa, pergaulan lingkungan masyarakat, dan pengaruh media sosial. Kata Kunci: Program 5S, Sikap Sopan Santun, Faktor Implementasi Program 5S
Ketersediaan
SK02220 | 395 AIS i | PERPUSTAKAAN JAKABARING (REFERENSI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
395 AIS i
|
Penerbit | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang : ., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
395
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
NIM 1930201130
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain