No image available for this title

SKRIPSI

PANDANGAN EKONOMI ISLAM TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN TRANSFER BEDA BANK TANPA BIAYA MELALUI APLIKASI DANA : STUDI KASUS MAHASISWA FEBI UIN RADEN FATAH PALEMBANG



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang dalam melakukan transfer beda bank tanpa biaya melalui aplikasi. Selain itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami pandangan ekonomi Islam terhadap tingkat kepuasan konsumen dalam melakukan transfer beda bank tanpa biaya melalui aplikasi DANA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, misalnya orang tersebut dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan. Sampel penelitian ini terdiri dari 60 mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang yang menggunakan dompet digital dan 25 mahasiswa yang menggunakan aplikasi DANA untuk melakukan kegiatan transfer beda bank tanpa biaya, lalu diambil 10 orang dari 25 mahasiswa tersebut untuk diwawancarai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang selaku konsumen yang menggunakan aplikasi DANA untuk melakukan kegiatan transfer beda bank tanpa biaya merasa sangat puas dengan kualitas pelayanan, kemudahan, kemanan, dan kenyamanan yang diberikan oleh pihak aplikasi DANA kepada penggunanya. Selain itu, dalam pandangan ekonomi Islam, tingkat kepuasan konsumen dalam melakukan transfer beda bank tanpa biaya melalui aplikasi DANA ini sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, yaitu prinsip keadilan dengan memastikan harga dan kualitas yang setimpal sebagai wujud penghargaan terhadap hak-hak konsumen, dan prinsip akhlak seperti shidiq (kejujuran), amanah (dapat dipercaya), fathonah (cerdas, bijaksana). Kata Kunci: Kepuasan konsumen, Kualitas Pelayanan, Transfer, Pinsip-Prinsip Ekonomi Islam.


Ketersediaan

SK037342X6.3 YAN pPERPUSTAKAAN JAKABARING (REFERENSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X6.3 YAN p
Penerbit PROGRAM STUDI S1 EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X6.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
NIM 1920602061
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya