Detail Cantuman
Advanced Search
SKRIPSI
PENERAPAN STRATEGI QUANTUM QUOTIET MENGGUNAKAN TA'LIM MUTA'ALIM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM BELITANG.--
Kata Kunci :Quantum Quotient, Ta'lim Muta'allim, Kemahiran Membaca Kitab Kuning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian guru dalam menyesuaikan strategi pembelajaran yang dimiliki peserta didik dalampembelajaran membaca kitab kuning, Sehingga banyak peserta didik yang bosan dan kurang aktif dalam membaca.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Quantum Quotient menggunakan kitab Ta'lim Muta'allim dalam meningkatkan penguasaan membaca kitab kuning dan untuk mengetahui efektifitasnya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mix Method (kualitatif dan kuantitatif) dimana peneliti memperoleh data kualitatif dengan pengumpulan data dan analisis data dan data kuantitatif guna memperkuat hasil penelitian kualitatif.Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Adapun dalam menganalisis data kualitatif peneliti menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan kesimpulan.Dan untuk menguji data kuantitatif peneliti menggunakan teknik uji normalitas, uji homogenitas dan uji T tes.Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Pembelajaran membaca di Pondok Pesantren Modern Nurussalam kurang baik, kurangnya strategi atau cara belajar yang membuat peserta didik kurang semangat belajar. 2) Penerapan strategi Quantum Quotient dalam meningkatkan kemahiran membaca kitab ta’lim muta’allim yaitu: perencanaan, menyiapkan materi, sumber belajar dan stategi Quantum Quotient. Pelaksanaan, pada tanggal 8-14 februari 2022 di kelas 11 B putri dalam waktu 45 menit setiap pembelajarannya. 3) Efektifitas dalam meningkatkan membaca kitab ta’lim muta’allim yaitu: uji tes menggunakan SPSS 22. Perbedaan hasil belajar peserta didik antara siswa yang telah melakukan pre test dan post test. Pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 87 sedangkan kelas kontrol 71,5.Uji normalitas bersifat normal. Pada uji homogenitas disimpulkan bahwa hasilnya adalah homogen.Uji T nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Maka Ha diterima dan Ho ditolak
Ketersediaan
00011806 | 371.3 MAM p | PERPUSTAKAAN JAKABARING (referensi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Hilang |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
371.3 MAM p
|
Penerbit | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang : ., 2022 |
Deskripsi Fisik |
90 HLM:29 CM
|
Bahasa |
Arab
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
371.3
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
MAMBAUL JAZILAH
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain