No image available for this title

SKRIPSI

PENERAPAN METODE BIN NAZHAR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN JUZ 30 SANTRI/SANTRIWATI DI TPQ AN-NASHIRIN SUKARAMI



TPA/TPQ adalah lembaga pendidikan luar sekolah yang berkaitan dengan pelajaran baca Al-Quran membantu santri mempelajari baca tulis Al-Qur’an dengan baik contoh menulis huruf hijaiyah, membaca Al-Qur’an, dan hafalan, penelitian ini membahas mengenai penerapan metode bin nazhar dalam meningkatan hafalan Al-Qur’an dengan permasalahan (1) bagaimana hafalan Al-Qur’an santriwan/santriwati sebelum diterapkan metode bin nazhar (2) bagaimana hafalan Al-Qur’an santriwan/santriwati sesudah diterapkan metode bin nazhar(3) Apakah ada perbedaan kemampuan hafalan Juz 30 sebelum dan sesudah diterapkan metode Bin Nazhar pada Santriwan/Santriwati. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest-posttest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hafalan santriwan/santriwati sebelum dan sesudah diterapkanya metode Bin Nazhar di TPQ An-Nashirin Sukarami. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji t. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan hafalan santri/santriwati setelah diterapkannya metode Bin Nazhar,. Data yang diperoleh adalah : (1) Hafalan Al-Qur’an Santriwan/Santriwati sebelum diterapkan metode Bin Nazhar termasuk kategori sedang 70% dengan mean 46 (2) Hafalan Al-Qur’an Santriwan/Santriwati sesudah diterapkan metode Bin Nazhar termasuk kategori sedang 55% dengan mean 69 (3) Berdasarkan hasil t t hitung 19,364 > t tabel pada signifikan 5% (2,093) maupun pada taraf P-Value 0,000 < 0,05. Maka dari hal tersebut disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.


Ketersediaan

SK027222X7.3 ROS pPERPUSTAKAAN JAKABARING (REFERENSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 ROS p
Penerbit Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
NIM 1930202129
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya