UPT PERPUSTAKAAN

UIN Raden Fatah Palembang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Admin
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

SKRIPSI

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ALQUR’AN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TANJUNG LAUT

Frika Fatimah Zahra - Nama Orang;

Kemampuan baca merupakan suatu keinginan yang kuat dan mendalam disertai
usaha-usaha yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan membaca. Di
zaman teknologi yang semakin pesat berkembang ini, kemampuan baca Al-Qur’an
sangat penting untuk ditumbuhkan pada diri siswa sejak usia dini. Berdasarkan
latar belakang, selanjutnya akan dikaji mengenai upaya guru dalam meningkatkan
kemampuan baca Al-Qur’an di sekolah dasar negeri 1 Tanjung Laut. Adapun
rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan
baca Al-Qur’an pada siswa di sekolah dasar negeri 1 tanjung laut? 2) apa saja faktor
yang mempengaruhi kemampuan baca Al-Qur’an pada siswa di sekolah dasar
negeri 1 tanjung laut? 3) bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan
baca Al-Qur’an pada siswa di sekolah dasar negeri 1 tanjung laut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan baca AlQur’an di sekolah dasar negeri 1 tanjung laut. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif. Analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian
menunjukkan : 1) kemampuan baca Al-Qur’an pada siswa di Sekolah Dasar Negeri
1 Tanjung Laut masih tergolong rendah. 2). Faktor yang mempengaruhi
kemampuan baca Al-Qur’an pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Tanjung Laut
terdapat Faktor Internal: Adanya pembawaan atau bakat yang berasal dari faktor
genetik siswa, keadaan atau kondisi siswa, adanya kebiasaan dan kegemaran dalam
membaca. Faktor Eksternal: Adanya keragaman jenis bacaan, adanya dorongan dari
lingkungan keluarga dan adanya dorongan lingkungan sekolah. 3).Upaya yang
dilakukan guru untuk meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa, yaitu
dengan memberikan motivasi/ arahan/ dorongan kepada peserta didik. Selain itu,
upaya guru yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa
kelas V yaitu dengan peranya sebagai motivator, sebagai pembimbing dan sebagai
fasilitator.
Kata Kunci : Upaya guru, kemampuan baca Al-Qur’an, Siswa


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: Fakultas Tarbiyah UIN Raden Fatah., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Frika Fatimah Zahra
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT PERPUSTAKAAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?