No image available for this title

SKRIPSI

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 1 PAGAR ALAM.--



edia wayang kertas adalah alat bantu pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi yang terbuat dari kertas yang berbentuk gambar kartun atau gambar asli yang diberi tangkai untuk digerakkan. Motivasi merupakan pendorong dan penggerak individu yang dapat menimbulkan dan memberikan arah bagi individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media wayang kertas pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 Pagar Alam. Motivasi sebelum dan sesudah penerapan penggunaan media wayang kertas pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 Pagar Alam. Pengaruh media wayang kertas terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 Pagar Alam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media wayang kertas hanya perlu di gerak-gerakkan. Selain menceritakan isi cerita, guru juga memperagakan atau menunjukkan media wayang sesuai dengan tokoh yang sedang diceritakan. sebelum dan sesudah penerapan penggunaan media wayang kertas siswa kelas IV di MIN 1 Pagar Alam mengalami peningkatan rata-rata 12,03. Ada pengaruh penggunaan media wayang kertas berdasarkan Uji-t menggunakan softwere SPSS for windows terhadap motivasi belajar siswa yaitu 0,000 lebih kecil dari signifikan (probabilitas) 0,05. Kata Kunci : Media Wayang Kertas, Motivasi Belajar


Ketersediaan

ant00020Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Hilang

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya