No image available for this title

SKRIPSI

Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak di Desa Tanjung Raya OKU Selatan.--



Pola komunikasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak
dinilai sangatlah penting untuk diperhatikan karena mengingat bahwa pola
komunikasi yang terjadi di dalam sebuah keluarga akan menentukan masa
depan anak tersebut. Pola komunikasi yang baik mampu membangkitkan
semangat belajar anak untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif.
Teknik analisisnya menggunakan content analysis. Alat pengumpulan data
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal. Penulis menggunakan
teori ini karena teori komunikasi interpersonal akan memberikan sifat saling
terbuka antara orang tua dan anak sehingga pola komunikasi akan lebih
mudah terjalin. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa pola komunikais yang
terjalin antara orang tua dan anak yaitu pola komunikasi authoritative
(cendrung terhindar dari kegelisahan dan kekacauan). Kemudian kemudahan
dalam membangun komunikasi dengan memperhatikan aspek-aspek
komunikasi interpersonal seperti rasa empati menimbulkan rasa saling
percaya dan akan semakin terbuka antarpribadi, sedangkan hambatannya
yaitu orang tua mengabaikan aspek-aspek komunikasi interpersonal seperti
kurang rasa empati terhadap anak dan menimbulkan anak memiliki
kepribadian yang tertutup sehingga komunikasi tidak berjalan maksimal.
Kata kunci: Pola Komunikasi Interpersonal, Orang Tua, Prestasi Belajar.


Ketersediaan

ant00032PERPUSTAKAAN JAKABARINGTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Hilang

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya