No image available for this title

SKRIPSI

Strategi Guru dalam menumbuhkan minat membaca pada siswa kelas V Di SD YWKA Palembang.--



Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan minat membaca pada siswa kelas V di SD YWKA Palembang, (2) mengetahui faktor penghambat guru dalam menumbuhkan minat membaca pada siswa kelas V di SD YWKA Palembang, (3) mengetahui upaya guru dalam mengatasi hambatan dalam menumbuhkan minat membaca pada siswa kelas V di SD YWKA Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini mengungkapkan: (1) strategi guru dalam menumbuhkan minat baca siswa terdiri dari beberapa strategi diantaranya menugaskan siswa membaca 15 menit, memberikan pertanyaan yang jawabannya ada di buku, menugaskan siswa membaca di luar jam pelajaran, dan mengunjungi perpustakaan. (2) faktor penghambat guru dalam menumbuhkan minat baca diantaranya kurangnya kreatifitas guru dalam mengajar, rendahnya budaya membaca siswa, kurangnya fasilitas untuk membaca seperti ruangan perpustakaan yang kurang memadai, dan adanya pengaruh teknologi seperti gadget. (3) upaya dalam mengatasi hambatan menumbuhkan minat baca yaitu tetap memberi dorongan atau motivasi pada siswa agar rajin membaca, memperkenalkan bukubuku pada siswa, dan melakukan pelatihan bagi guru agar mengembangkan kreativitas guru dalam menggunakan metode mengajar yang bervariasi.


Ketersediaan

Dyt 973028.9 ALF sPERPUSTAKAAN JAKABARING (Referensi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
028.9 ALF s
Penerbit Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang : .,
Deskripsi Fisik
xvi, 148 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
028.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya