SKRIPSI
PENGARUH PENGUASAAN LUGHOWI DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP PRAKTEK PEMBELAJAR KALAM DI MA'HAD IZZATUNA PUTRI PALEMBANG.--
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegiatan praktik pembelajaran kalam dalam kegiatan sehari-hari di Ma’had Izzatuna Putri. Penelitian ini fokus padapengaruh penguasaan tashrif lughowi dan kecerdasasn linguistikterhadap kalam yang peneliti terapkan di kelas delapan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapatpengaruh penguasaan tashrif lughowi dan kecerdasan linguisitk terhadap praktik pembelajaran kalam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan mengambil tempat penelitian di Ma’had Izzatuna Putri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket(kuisioner)dan tes. Data yang didapatkan dianalisis dengan analisis data statistikmenggunakan bantuan sistem aplikasi SPSS 23. Dengan melakukan beberapa jenis Uji. Adapun jenis uji yang dilakukan oleh peneliti adalah; uji validitas dan reabilitas, uji korelasi, dan uji regresi linier berganda. Hasil uji validitas yang dilakukan pada angket memiliki20 soaldengan total Rxy >0,254 dan item-item pertanyaan pada angketsudah valid karena memiliki nilai Rxy diatas 0,254. dan tes menunjukkan kevalidan di semua pertanyaannya. Begitupun hasil uji validitas kepada tes penguasaan tashrif lughowi dan kalam, keduanya valid. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antar variabel dan efektivitas. dan metode yang peneliti gunakan menunjukkan hasil yang baik, terbukti dari uji analisis regresi linier berganda pada penguasaan tashrif lughowi dan kalam dilihat berdasarkan interpretasi koefisien kolerasi (r hitung), maka nilai r hitung sebesar 0,000 termasuk memiliki tingkat hubungan yang tinggi antara kedua variabel pada hipotesis. Dan pada kecerdasan linguistik terhadap kalam yang juga dilihat berdasarkan interpretasi koefisien kolerasi (r hitung), maka nilai r hitung sebesar 0,315. Hasil interpretasi koefisien korelasi antara kedua aspek yang berpengaruh.yang peneliti lakukan dengan hasil yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada tiap variabel yaitu pada hasil tes penguasaan tashrif lughowi dan kalam serta tanggapan para siswa terhadap kuisioner yang telah disebar. Kata Kunci : Pembelajaran Kalam, Kecerdasan Linguisik, Penguasaan Tashrif Lughowi
Tidak tersedia versi lain