Buku
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI POLA BILANGAN KONTEKS PALEMBANNG UNTUK SMP/MTs.--
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang telah memenuhi criteria valid dan praktis untuk membantu peserta didik memahami materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan sesuai alur desain pengembangan formative evaluation Tesmmer, yang meliputi tahap self evaluation, expert review, one to one, small group, field test. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar validasi, lembar angket, LKPD, dan dokumentasi. LKPD yang dikembangkan menggunakan konteks Palembang guna menciptakan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nurul Qomar Palembang. Melalui tahapan Tesmmer diperoleh kesimpulan bahwa LKPD dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesisa ini telah memenuhi kriteria valid berdasarkan komentar dan saran yang diberikan, validator juga telah menyatakan bahwa LKPD telah valid. Kemudian berdasarkan hasil komentar dan saran yang diberikan oleh peserta didik, LKPD dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ini telah memenuhi kriteria praktis.
Tidak tersedia versi lain