SKRIPSI
PENGARUH BIMBINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 81 PALEMBANG.--
Bersumber pada tujuan pendidikan, untuk membuat peserta didik menjadi beriman juga bertaqwa tidak akan terlepas dari pendidikan agama sejak usia dini. Pendidikan keagamaan dimaksudkan untuk mempersiapkan anak didik supaya bisa menjalankan banyak hal, di mana hal tersebut menuntut untuk memiliki penguasaan dan pengetahuan tentang ajaran agama yang berkaitan. Terkait hal ini, Pendidikan Agama Islam bisa didapatkan melalui pendidikan formal misalnya sekolah dan di TPA. Penelitian dengan judul “Pengaruh Bimbingan Taman Pendidikan Al-Qur’an terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam” dengan rumusan masalah bagaimana bagaimana pengaruh bimbingan TPA terhadap hasil belajar PAI siswa di SD Negeri 81 Palembang dan bagaimana hubungan antara bimbingan TPA dengan hasil belajar PAI siswa di SD Negeri 81 Palembang. Penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan kuantitatif. Selanjutnya metode pengumpulan data dengan cara observasi,angket dan dokumentasi, teknik analisis data dengan cara uji validitas,uji reliabilitas, uji hipotesis (product moment dan regresi linier sederhana). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan bimbingan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SD Negeri 81 Palembang, dengan nilai R Square sebesar 0, 281 = 28,1%. Hal ini berarti variabel Bimbingan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SD Negeri 81 Palembang sebesar 28,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Tidak tersedia versi lain