Detail Cantuman
Advanced Search
SKRIPSI
STRATEGI LITERASI ZAKAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PENUNAIAN ZAKAT SAHAM DI BAZNAS PROVINSI SUMATERA SELATAN.--
Zakat adalah ibadah yang memiliki dua dimensi yaitu sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan kewajiban kepada sesama manusia. Secara umum zakat terbagi menjadi dua jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat mal atau sering disebut dengan zakat harta. Perluasan kajian filantrofi islam memberikan kontribusi signifikan terhadap perluasan jenis objek zakat yang terus berkembang. Zakat saham wajib ditunaikan oleh pemilik saham jika nilai saham dan keuntungan investasi sudah mencapai nisab dan haul. Penunaian zakat saham masih sedikit dan belum banyak dilakukan oleh masyarakat. Badan amil zakat pun perlu literasi mengenai zakat saham, karena itu infrastruktur penunaian dan literasi zakat harus diselesaikan bersamaan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui strategi literasi zakat dalam meningkatkan kesadaran penunaian zakat saham di BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan. Penulis menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif untuk mengungkap permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, yang bermanfaat untuk memberikan informasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Salah satu program peningkatan literasi zakat yaitu program edukasi, sosialisasi secara berkala yang dilakukan secara langsung maupun daring via aplikasi zoom dengan melibatkan masyarakat, mahasiswa, dosen dan toko masyarakat. (2) Terdapat kendala dalam pelaksanaan zakat saham salah satunya yaitu kurangnya kesadaran para muzaki untuk menunaikan zakat saham di BAZNAS sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar pentingnya literasi dalam pengumpulan zakat dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan. Namun, (3) upaya yang dilakukan BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan telah melakukan hal yang cukup baik menyikapinya, seperti sudah melakukan sistem jemput zakat bagi muzaki yang belum bisa ke lembaga amil langsung sudah semakin gencar dalam bersosialisasi baik itu melalui khutbah, ceramah, media sosial lembaga amil seperti Instagram, Facebook, Whatshapp, Web site BAZNAS, kantor digital BAZNAS dan lain sebagainya guna menarik minat muzaki – muzaki baru. Cara ini merupakan dampak yang sangat efektif menarik minat para muzaki. Kata kunci : Strategi, Literasi Zakat, Zakat Saham, BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan
Ketersediaan
00012569 | 2X4.14 APR s | PERPUSTAKAAN JAKABARING (referensi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Hilang |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X4.14 APR s
|
Penerbit | : ., 2022 |
Deskripsi Fisik |
XVIII,94 HLM:25 CM
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X4.14
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
APRILIA EKA SAVITRI
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain