SKRIPSI
TANTANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN BSI KUR MIKRO PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KCP TULANG BAWANG BARAT)
ABSTRAK Pembiayaan dimasa pandemi covid-19 yang meningkat maka menimbulkan tantangan dalam menyalurkan dana agar tidak terjadi pembiayaan bermasalah bank harus hati-hati dalam memilih calon debitur. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tantangan dan Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan BSI KUR Mikro pada masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh karyawan di Bank Syariah Indonesia KCP Tulang Bawang Barat yang berjumlah 13 orang dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 4 orang karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian yaitu dengan metode kualitatif dan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian Bank syariah memiliki beberapa tantangan dalam menghadapi pandemi Covid-19 pada produk pembiayaan BSI KUR Mikro yaitu risiko pembiayaan bermasalah dan resiko operasional disebabkan massa pandemi.Strategi pemasaran produk pembiayaan BSI KUR Mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Tulang Bawang Barat pada masa pandemi Covid-19 menggunakan segmentasi pasar dan strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) 4P. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pembiayaan, Massa Pandemi
Tidak tersedia versi lain