Detail Cantuman
Advanced Search
SKRIPSI
PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER
Penelitian ini membahas tentang pengaruh E-learning berbasis edmodo terhadap kemampuan literasi sains peserta didik ditinjau dari perspektif gender Media pembelajaran berbasis edmodo salah satu pembelajaran berbasis learning yang dapat meningkatkan proses belajar mengajar menjadi aktif dan inovatif. Literasi sains adalah suatu kapasitas yang menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan yang ada dan menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan dan dapat membuat keputusan dalam memecahkan suatu masalah. Dan penelitian ini bertujuan untuk menguji e-learning berbasis edmodo terhadap kemampuan literasi sains peserta didik ditinjau dari perspektif gender. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri Purwodadi dengan jumlah populasi sebanyak 110 peserta didik dan sampel sebanyak 54 peserta didik. instrumen penilaian yang digunakan menggunakan yaitu postest dan angket. Hasil penelitian ini dengan analisis data berdasarkan rata-rata nilai literasi sains pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kemampuan literasi sains peserta didik perempuan itu lebih tinggi dari dapada peserta didik laki-laki. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 70.00, sedangkan kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata sebesar 65.04. Uji hipotesis posttest dinyatakan bahwa didapatkan dengan taraf sig. = 0.05. Maka diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa Terdapat pengaruh e-learning berbasis edmodo terhadap kemampuan literasi sains peserta didik ditinjau dari perspektif gender. Kata Kunci: E-learning Berbasis Edmodo, Literasi Sains, Perspektif Gender
Ketersediaan
SK00282 | 378.1 ALI p | PERPUSTAKAAN JAKABARING (Referensi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
378.1 ALI p
|
Penerbit | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang : ., 2022 |
Deskripsi Fisik |
XV, 143 Hlm. 29 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
378.1
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
NIM. 1830207064
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain