No image available for this title

SKRIPSI

KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN MENURUT R.A KARTINI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM.--



Pendidikan bagi perempuan menjadi salah satu isu penting dalam upaya peningkatan kualitas suatu bangsa. Hal ini disebabkan pendidikan yang pertama dan utama adalah di lingkungan keluarga. Di lingkungan keluarga ini, ibu menduduki peran utama dalam pendidikan anak. Dengan demikian, pendidikan perempuan secara tidak langsung mempersiapkan generasi-generasi suatu bangsa di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran R.A Kartini mengenai pendidikan perempuan dan relevansinya dengan pendidikan perempuan dalam Islam. Penelitian ini menerapkan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Data primer dan sekunder menjadi sumber data pada penelitian ini, dan dalam menghimpun data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan content anlysis atau analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian, pemikiran R.A Kartini mengenai pendidikan perempuan dijelaskan dalam beberapa hal yaitu: pendidikan bersifat non deskriminatif, perempuan sebagai pendidik pertama bagi anak sehingga penting untuk berpendidikan tinggi, perempuan kunci kemajuan bangsa, pendidikan harus diarahkan pada pendidikan karakter, dan yang terakhir pendidikan perempuan penting untuk kemajuan bangsa. Pemikiran pendidikan perempuan menurut R.AKartini sangat relevan dengan konsep pendidikan perempuan dalam Islam. Keduanya memiliki persamaan mengenai tujuan dan maksud dari pentingnya pendidikan perempuan. Perempuan yang berpendidikan akan lebih mudah memahami dan menjalankan tugasnya dalam kehidupan sehari-hari sesuai ajaran Islam.


Ketersediaan

SK007622X4.96 VIV kPERPUSTAKAAN JAKABARING (REFERENSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X4.96 VIV k
Penerbit FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAN NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG : .,
Deskripsi Fisik
XVI,88 HLM,;27 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X4.96
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
1930202298
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya