SKRIPSI
ANALISIS KEGIATAN RUTIN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 14 PALEMBANG
              Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pelaksanaan Kegiatan Rutin Keagamaan (2) Mengetahui karakter religius yang terbentuk dalam Kegiatan Rutin Keagamaan (3) Mengetahui karakter disiplin yang terbentuk dalam Kegiatan Rutin Keagamaan (4) Mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Kegiatan Rutin Keagamaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan meneliti langsung kelapangan. Subjek dari penelitian ini kepala sekolah, guru/Wali kelas, dan Anak kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan Kegiatan Rutin Keagamaan dilakukan setiap hari pukul 06.45-07.45 didampingi oleh dua guru pendamping, kegiatan dimulai dengan membaca doa, mengambil wudhu, sholat dhuha dan dilanjutkan dengan baca tulis al-quran.(2) Karakter religius yang terbentuk dalam kegiatan rutin keagaman ialah siswa selalu membaca doa sebelum memulai kegiatan, bersifat sopan dan taat beribadah. (3) Karakter Disiplin yang terbentuk dalam Kegiatan Rutin Keagamaan ialah siswa selalu datang tepat waktu, mematuhi peraturan. (4) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan rutin tergolong menjadi dua faktor, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung Kegiatan Rutin Keagamaan yaitu dukungan Yayasan, dukungan orang tua dan dukungan sekolah. Sedangkan faktor penghambat Kegiatan Rutin Keagamaan yaitu siswa yang belum tertib dan kurangnya waktu.
            
Tidak tersedia versi lain