UPT PERPUSTAKAAN

UIN Raden Fatah Palembang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Admin
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOMPETISI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MTS PATRA MANDIRI PALEMBANG

SHANTY - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan keaktifan siswa antara sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kompetisi pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Patra mandiri Palembang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen dengan pre experiment design bentuk the one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 36 peserta didik. Adapun tekhnik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan kuesioner atau angket dengan skala likert yang berjumlah 20 pernyataan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan data statistik dengan analisis TSR (tinggi,sedang,rendah) dan melakukan uji t. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa kelas VIII D MTs Patra Mandiri Pa sebelum diterapkan model pembelajaran kompetisi pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Patra Mandiri Palembang memiliki nilai yaitu yang tergolong tinggi 72 keatas, sedang 51-72, dan tergolong rendah dengan nilai 51 kebawah. Namun setelah diterapkan model pembelajaran kompetisi (post-test) dalam proses pembelajaran, dapat dilihat keaktifan siswa yang meningkat, yaitu siswa yang tergolong tinggi dengan nilai 89 keatas, tergolong sedang nilai 64-89, dan nilai tergolong rendah yaitu 64 kebawah. setelah diterapkan model pembelajaran kompetisi terlihat peningkatan keaktifan siswa dari awal (pre-tes) dengan rata-rata nilai 61,77, meningkat menjadi 77,27. Kemudian dari uji t terlihat dengan t_hitung yang diperoleh lebih besar dari t_tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun signifikan 1% yaitu 5,545. Dengan demikian hipotesis H_o ditolak dan H_a diterima. Berdasarkan perbedaan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kompetisi dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Fiqih materi ketentuan makanan halal dan haram kelas VIII MTs Patra Mandiri Palembang.


Ketersediaan
#
PERPUSTAKAAN JAKABARING (Referensi) 371.36 SHA p
SK01488
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.36 SHA p
Penerbit
: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PEMBELAJARAN TERTENTU
Info Detail Spesifik
NIM 1930202139
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT PERPUSTAKAAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?