Detail Cantuman
Advanced Search
Buku
PENERAPAN TEKNIK SOSIODARMA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA DI SEKOLAH ALAM PALEMBANG (STUDI KASUS PADA KLIEN B DI SEKOLAH ALAM PALEMBANG)
ABSTRAK Pada kehidupan manusia dalam prosesnya dimulai sejak lahir hingga dewasa dan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentangteknik sosiodrama dalam meningkatkan komunikasi interpersonal pada klien “B” di Sekolah Alam Palembang. Untuk mengetahui faktor penyebab komunikasi intrepersonal yang rendah pada klien “B” di Sekolah Alam Palembang, Untuk mengetahui teknik sosiodrama dalam meningkatkan komunikasi interpersonal pada klien “B” di Sekolah Alam Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif atau penelitian lapangan subjek penelitian ini adalah klien “B” objeknya adalah teknik sosiodrama yang dilakukan oleh peneliti. Hasil peneitian tidak menjalin hubungan akrab dengan teman kelas, tidak membuka diri dengan lingkungan, hubungan individual tidak ada perkembangan, tidak bisa berkomunikasi dengan banyak orang, tidak mengenal teman-teman dikelasnya, tidak memahami perasaan dan fikiran dari lawan bicaranya serta tidak memahami setiap kata dan perilaku yang ditampilkan lawan bicaranya. ada beberapa faktor yang menjdi penyebab komunika interpersonal yang rendah pada subjek “B” diantaranya yaitu : (a) Tidak percaya diri karena ada pengalaman masa lalu yang buruk, (b) Jarang berkomunikasi scecara verbal, (c) Memiliki prasangka negative, (d) Jarang berbicara dan, (e) Terlalu sering komunikasi 1 arah dan perbedaan persepsi. Ada tiga tahapan dalam pelaksaan teknik sosiodrama diantaranya, tahap awal seperti pembukaan, peneliti mengucapkan salam, peneliti mengecek kehadiran para siswa, tahap pertengahan diantaranya konselor memperkenalkan teknik sosiodrama pada siswa, menetapkan masalah yang akan di bahas, konselor menjelaskan isi dari masalah-masalah dalam konteks cerita dan membagikan peran pada siswa, tahap akhir diantaranya memberi kesempatan kepada para siswa untuk berdiskusi beberapa menit sebelum mereka memainkan perannya, akhiri sosiodrama saat situasi klimaks, di buka tanya jawab dalam diskusi.
Ketersediaan
SK01531 | 302.2 MUH p | PERPUSTAKAAN JAKABARING (Referensi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
302.2 MUH p
|
Penerbit | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang : ., 2022 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
302.2
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
NIM 1655200064
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain