No image available for this title

SKRIPSI

PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG



Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang menunjukkan adanya pembentukan karakter yang didukung oleh program kegiatan pramuka. Adapun permasalahan dalam penelitian ini (1) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang. Tujuan penelitian ini (1) untuk menganalisa pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang (2) untuk menganalisa apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis pendeketan fenomenologi. Yang menjadi informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Pembina Ekstrakurikuler Pramuka, Guru, Siswa, dan Orangtua. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik menurut Miles dan Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data, dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Dan untuk triangulasi terdapat tiga cara, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang sudah sesuai harapan yaitu: 1) adanya aktivitas sosial dan emosional dalam berbagai kegiatan untuk membentuk karakter peserta didik, 2) adanya pembiasaan dan keteladanan sebagai dasar pembentukan karakter peserta didik, 3) adanya pengamalan dasa dharma yang diimplementasikan untuk membentuk karakter peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pembinaan dalam pembentukan karakter peserta didik di smp negeri 45 Palembang yaitu: 1) Sumber daya manusia yang tersedia, 2) Perhatian wali peserta didik, dan 3) sarana yang kurang memadai untuk menunjang pelaksanaan program kegiatan pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik.


Ketersediaan

SK01539369.43 SIT pPERPUSTAKAAN JAKABARING (Referensi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
369.43 SIT p
Penerbit Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
369.43
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
NIM 1930203108
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya