No image available for this title

SKRIPSI

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 35 BANYUASIN III



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III. Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu pertama untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas IV, Kedua untuk mengetahui kemampuan mengarang peserta didik kelas IV, Ketiga untuk mengetahui faktor dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif yaitu data yang dikumpulkan lebih banyak kata-kata dari pada angka. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas IV SD negeri 35 Banyuasin III, sedangkan objek yaitu upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengarang pada peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan vertifikas. Uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III yaitu guru mengarahkan peserta didik untuk rajin menulis dan membaca, guru memberikan tema untuk dijadikan karangan, membimbing peserta didik membuat kerangka karangan, peserta didik membacakan hasil karangan. Kedua kemampuan mengarang peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III yaitu kurangnya menentukan judul karangan, sulit mengungkapkan ide atau gagasan dalam mengarang, sulit mengembangkan paragraf, peserta didik sulit menyusun kata-kata, rasa percaya diri peserta didik masih rendah. Ketiga faktor dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III yaitu faktor internal terdiri dari kondisi peserta didik, minat, bakat, dan motivasi sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah. Kata kunci : Upaya Guru, Kemampuan Mengarang



Ketersediaan

SK01598371.1 DWI uPERPUSTAKAAN JAKABARING (Referensi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.1 DWI u
Penerbit Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
NIM 1920201063
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya