UPT PERPUSTAKAAN

UIN Raden Fatah Palembang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Admin
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

SKRIPSI

PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 MI AL-KHOIRIYAH KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS

Siti Nurjanah - Nama Orang;

Media kartu huruf adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan peneliti untuk mengenalkan huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa yang mampu membantu siswa aktif, bersemangat dalam pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar membaca. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa di kelas kontrol dan di kelas eksperimen, (2) untuk mengetahui ada pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1 MI Al-Khoiriyah Megang Sakti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes lisan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, homogenitas, normalitas, dan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian sebelum diterapkannya media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Adapun nilai rata-rata siswa dikelas kontrol yaitu 60,3 sedangkan nilai rata-rata siswa dikelas eksperimen yaitu 58,6. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata terhadap kemampuan membaca permulaan masih rendah. Selanjuntya, setelah diterapkan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Adapun nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen yaitu 82, sedangkan di kelas kontrol yang tidak menerapkan media kartu huruf terhadap kemampuan mempaca permulaan memiliki niai rata-rata yang masih rendah yaitu 72,6. Kemudian pada hasil uji hipotesis dapat diketahui nilai signifikan memperoleh nilai 0,000, maka 0,000 ≤ 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1 MI Al-Khoiriyah Megang Sakti.


Ketersediaan
#
PERPUSTAKAAN JAKABARING (REFERENSI) 372.4 SIT p
SK03010
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat Dipinjam
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
372.4 SIT p
Penerbit
: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Membaca
Info Detail Spesifik
NIM 1930201215
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 MI AL-KHOIRIYAH KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT PERPUSTAKAAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?