SKRIPSI
PENGEMBANGAN VLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KONTEKS TIJARAH PADA MATERI ARITMATIKA DENGAN KONTEKS TIJARAH PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL.--
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan vlog pembelajaran matematika dengan konteks tijarah pada materi aritmatika sosial, dan menghasilkan vlog pembelajaran yang memiliki daya tarik, serta memiliki efek potensial terhadap minat belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah design research tipe development studies yang terdiri dari tahap preliminary (persiapan dan pendesaian), dan tahap prototyping dengan alur Tessmer yaitu formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, dan wawancara. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII B MTs Aulia Cendekia Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) vlog pembelajaran matematika yang bernuansa keIslaman dengan konteks tijarah pada materi aritmatika sosial sudah layak digunakan, (2) vlog pembelajaran memiliki daya tarik, (3) vlog pembelajaran memiliki efek potensial terhadap minat belajar peserta didik yang diperoleh dari hasil uji N-Gain angket pretestposttest yang mendapatkan skor 0,63 dan termasuk dalam kategori sedang.
Tidak tersedia versi lain